14
Jul
11

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.    Latar Belakang Masalah

 

Perusahaan masa kini sedang menghadapi persaingan terberat yang pernah dihadapi. Mereka beralih dari filosofi pemasaran, mereka dapat memenangkan persaingan. Perusahaan dapat menarik konsumen dan mengungguli pesaing mereka. Jawabannya adalah dengan memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen secara lebih baik. Hanya perusahaan yang berfokus pada konsumen yang berhasil menarik konsumen, dan bukan hanya berhasil memperkenalkan produk.

Perusahaan yang berfikir bahwa mendapatkan konsumen adalah tugas bagi pemasaran/penjualan. Bagian pemasaran yang terbaik di dunia sekalipun tidak dapat menjual produk yang buruk atau yang gagal memenuhi kebutuhan setiap orang. Bagian pemasaran hanya dapat menjadi efektif pada perusahaan yang seluruh bagian dan karyawannya telah merancang serta menjalankan sistem penyampaian nilai konsumen yang lebih unggul dari pada para pesaingnya.

Dewasa ini kepuasan konsumen telah menjadi bagian integral dalam misi dan tujuan sebagian besar organisasi. Meningkatnya instensitas kompetisi global dan domestik, berubahnya preferensi dan perilaku konsumen, serta revolusi teknologi informasi merupakan sebagian diantara sekian faktor yang  mendorong organisasi bisnis dan non-bisnis untuk mengalihkan fokusnya ke arah customer oriented.

Menurut Assauri Sofyan (2009) untuk dapat bertahan perusahaan perlu merencanakan strategi pemasarannya. Hal yang mendasar dalam strategi pemasaran adalah pemahaman tentang konsep pemasaran, dimana kepuasan konsumen adalah titik sentralnya. Kepuasan terkait dengan kualitas produk atau jasa. Jadi untuk dapat bertahan dan mencapai tujuan perusahaan yang bersifat umum yaitu laba maka perusahaan perlu memperhatikan kualitas produk atau jasanya agar konsumen merasa puas.

Kepuasan atau ketidakpuasan konsumen adalah respon konsumen terhadap evolusi ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya dan kinerja aktual produk yang dirasakan bahwa pada persaingan yang semakin ketat ini, semakin banyak produsen yang terlibat dalam pemenuhan dan keinginan konsumen sehingga hal ini menyebabkan setiap badan usaha harus menempatkan orientasi pada kepuasan konsumen sebagai tujuan utama, antara lain dengan semakin banyaknya badan usaha yang menyatakan komitmen terhadap kepuasan konsumen dalam pernyataan misi. (Michael Minor : 2008)

Setiap produsen selalu berusaha agar produk yang dihasilkannya dapat mencapai tujuan dan sasaran perusahaannya. Produk yang dihasilkannya dapat terjual atau dibeli oleh konsumen akhir dengan tingkat harga yang memberikan keuntungan perusahaan jangka panjang. Melalui produk yang dapat dijualnya, perusahaan dapat menjamin kehidupannya atau menjaga kestabilan usahanya berkembang. Dalam rangka inilah setiap produsen harus memikirkan kegiatan pemasaran produknya, jauh sebelum produk ini dihasilkan sampai produk tersebut dikonsumsikan oleh si konsumen akhir.

Untuk mencapai tujuannya, setiap perusahaan mengarahkan kegiatan usahanya untuk menghasilkan produk yang dapat memberikan kepuasan konsumen, sehingga dalam jangka panjang perusahaan mendapatkan keuntungan yang diharapkannya. Melalui produk yang dihasilkannya, perusahaan menciptakan dan membina langganan. Oleh karena itu, keberhasilan suatu perusahaan sangat ditentukan oleh kegiatan pemasarannya dan ketepatan dalam menghasilkan produk yang berkualitas dalam memberikan kepuasan kepada konsumen

Dalam mempertahankan kualitas produksi, diperlukan ketajaman dan keahlian membaca situasi di pasaran. Dalam hal ini sebuah perusahaan harus mampu melihat sejauh mana peningkatan kualitas produk dipasaran dengan produk yang dihasilkan  perusahaannya agar tidak ketinggalan dengan produk-produk yang beredar di pasaran.

Genius advertesing merupakan sebuah perusahaan yang mempunyai 6 karyawan yang memiliki keterampilan dalam mengolah produk-produk yang dihasilkan. Perusahan ini bergerak dibidang pembuatan baliho/spanduk, undangan, cap/stempel, dan lain-lain.

Setiap bulannya Genius Advertesing mampu memproduksi baliho rata-rata 50 buah. Angka ini pun bisa bertambah dan berkurang sesuai dengan pesanan para konsumen.

Genius Advertesing mempunyai cukup banyak pelanggan yang mencapai 100 orang lebih, dan itu dikarenakan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan dapat memuaskan konsumen dan letak perusahaan yang mudah dijangkau oleh konsumen sehingga memudahkan konsumen untuk menemukan alamat perusahaan.

Dalam memuaskan konsumennya, Genius advertesing memberikan harga yang cukup murah dengan kualitas produk yang memuaskan. Produk-produk yang dihasilkan pun mampu bersaing dengan produk yang berada di luar sulawesi sehingga para kosumen tidak perlu lagi memesan produk-produk serupa ke luar sulawesi untuk mendapatkan kualitas yang maksimal.

Berdasarkan latar belakang tersebut diatas yang menjelaskan bahwa kualitas produk sangat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen, maka penulis tertarik melakukan penelitian di Genius advertesing dengan judul : “Pengaruh Kulitas Produk Baliho Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Genius Adverstesing.”

  1. B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, dapat ditarik beberapa identifikasi masalah diantaranya sebagai berikut :

  1. Bagaimana kualitas produk baliho genius advertesing mempengaruhi keputusan konsumen
  2. Sejauh mana pengaruh kualitas produk baliho Genius Advertesing terhadap kepuasan konsumen
  3. C.    Batasan Masalah

Agar penulisan dapat lebih terarah dalam melakukan penelitian ini maka penulis membatasi masalah sebagai barikut : “hubungan kualitas produk baliho Genius Advertesing terhadap kepuasan konsumen”.

  1. D.    Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berapa besar pengaruh kualitas produk baliho Genius Advertesing terhadap kepuasan konsumen.

  1. E.     Tujuan Penelitan dan Kegunaan Penelitian
    1. 1.      Tujuan dari penelitian
    2. Untuk mengatahui dan menganalisis kualitas produk baliho Genius Advertesing
    3. Untuk mengetahui sejauh mana kualitas produk spanduk/baliho Genius Advertesing terhadap kepuasan konsumen

 

 

 

  1. 2.      Kegunaan Penelitian

Adapun kegunaan penelitian adalah :

  1. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan sekaligus bahan rekomendasi kepada pihak Genius Advertesing untuk peningkatan kualitas perusahaan dalam hal ini peningkatan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen
  2. Dengan penelitian ini diharapkan peneliti dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan dan menambah pengalaman serta mampu menganalisis suatu masalah sehingga mampu mengambil suatu keputusan dan kesimpulan.
  3. Sebagai salah satu syarat dalam mengikuti ujian skripsi fakultas ekonomi universitas sintuwu maroso poso dan dapat dijadikan sebagai bahan untuk penelti yang ingin mengembangkan penelitian ini dengan menambah objek lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN

  1. A.    Kajian Teoritis
  2. 1.      Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan( yang terdiri dari kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir ) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif

Definisi Pemasaran (menurut Stanton dalam Kotler;2006)adalah keseluruhan sistem yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha, yang bertujuan merencanakan, menentukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang atau jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli, baik yang aktual maupun yang potensial. Jasa adalah serangkaian aktivitas yang bersifat tidak berwujud yang dilakukan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan

  1. 2.      Kualitas

Kualitas adalah kesesuaian terhadap persyaratan, seperti jam tahan air, sepatu tajan lama, atau dokter ahli (philip B. Crosby)

Kualitas (suardi 2003:) adalah derajat atau tingkat karakteristik yang melekat pada produk yang mencakupi persyaratan atau keinginan.

 

 

  1. 3.      Produk

Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan . Segala sesuatu yang termasuk ke dalamnya adalah barang berwujud, jasa, events, tempat, organisasi, ide atau pun kombinasi antara hal-hal yang baru saja disebutkan. Siswanto Sutojo (2005:78)

  • ada beberapa faktor penting yang wajib diperhatikan perusahaan dalam menyusun strategi produk mereka antara lain:
  1. Faktor pertama adalah strategi pemilihan segmen pasar yang pernah mereka tentukan sebelumnya.
  2. faktor kedua adalah pengertian tentng hakekat produk di mata pembeli.
  3. Faktor ketiga adalah strategi produk pada tingkat kombinasi produk secara individual, pada tingkat seri produk dan pada tingkat kombinasi produk secara keseluruhan.
  4. faktor keempat adalah titik berat strategi pemasaran pada tiap tahap siklus kehidupan produk.
  5. 4.      Kualitas produk

Kualitas produk mencakup batang dan jasa. Produk barang bersifat fisik, sehingga  bisa diraba, dirasa, dipegang, disimpan, dan dipindahkan. Produk jasa merupakan aktivitas, manfaat, atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual.dengan demikian jasa hanya bisa dikonsumsi bukan untuk dimiliki. Kunci kesuksesan produk jasa terdapat pada perekrutan, kompensasi, dan pengembangan karyawannya. Ukuran kualitas dalam barang manufaktur dapat diukur dengan jumlah barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pelanggan. Sehingga jika terjadi kegagalan kualitas, biasanya pelanggan akan mengembalikan barang tersebut atau meminta perbaikan. Sebaliknya jika kegagalan kualitas terjadi diperusahaan jasa, tidak ada yang dapat dikembalikan oleh pelanggan dan biasanya pelanggan tidak cukup responsif dalam mengajukan keluhan. Reaksi pelanggan biasanya berhenti dalam menggunakan jasa perusahaan tersebut.

  1. 5.      Jasa

Jasa adalah merupakan suatu kegiatan yang memiliki beberapa unsur ketakberwujudan (intangible) yang melibatkan beberapa interaksi dengan konsumen atau dengan properti kepemilikiannnya, dan tidak menghasilkan transfer kepemilikan

Sifat – sifat jasa meliputi

  1. Jasa mempunyai sifat tidak berwujud (Intangibility) karna tidak bisa diindentifikasi oleh ke lima indera manusia, seperti: dilihat, dirasa, diraba, didengar, atau dicium sebelum terjadi proses transaksi pembelian.
  2. Jasa tidak dapat dipisahkan dari sumbernya (Inseparability), apakah sumber itu merupakan orang maupun mesin, disamping itu apakah sumber itu hadir atau tidak, produk fisik yang berwujud tetap ada.
  3. Jasa dapat mudah berubah-ubah (Variability) karena jasa ini tergantung pada siapa yang menyajikan, kapan, dan dimana disajikan.
    1. Empathy, yaitu perhatian secara individual yang diberikan perusahaan kepada pelanggan seperti kemudahan untuk menghubungi perusahaan, kemampuan karyawan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, dan usaha perusahaan untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelanggannya. Dimensi empathy ini merupakan penggabungan dari dimensi : Akses yaitu kemudahan untuk memanfaatkan jasa yang ditawarkan perusahaan.

Komunikasi, merupakan kemampuan melakukan komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada pelanggan atau memperoleh masukan dari pelanggan.

 

  1. B.     Kerangka Pemikiran

Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk diagram adalah sebagai berikut :

 

Hasil yang diharapkan

Kemajuan perusahaan

Kualitas produk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

METODOLOGI  PENELITIAN

A.    Tempat dan Waktu Penelitian

Penelitian ini dilakukan pada kantor Genius Advertesing yang berada di daerah Poso, tepatnya Jl. P. Timor depan kampus Universitas Sintuwu Maroso Poso. Penentuan lokasi ini didasarkan pada pertimbangan bahwa, Genius Advertesing merupakan salah satu tempat pembuatan baliho yang banyak diminati oleh konsumen di Kabupaten Poso

Adapun waktu penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu mulai Bulan Mei sampai dengan Juli 2011

B.     Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan melakukan pengamatan langsung dilapangan mengenai objek yang diteliti

C.    Jenis, Sumber dan Teknik Pengumpulan Data

1.      Jenis dan sumber data

Adapun data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi :

a.       Data Primer

Data yang di peroleh melalui kegiatan pengumpulan di lapangan. Melalui wawancara langsung pada responden

b.      Data Sekunder

Data yang diperoleh dari Genius Advertesing berupa gambaran umum perusahaan, data pegawai dan sebagainya yang relevan dengan obyek penelitian.

  1. 2.      Teknik Pengumpulan Data
  2. Wawancara

Wawancara adalah salah satu cara mengumpulkan informasi dengan bertanya secara bertatap muka langsung dengan responden.

  1. Kuisioner

Kuisioner adalah berupa daftar pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh data primer dari responden.

  1. Dokumen

Dokumen adalah data yang didapatkan dari Genius Advertesing

  1. D.    Populasi dan Sampel

Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 100 orang konsumen yang menjadi pelanggan pada Genius Advertesing yang melakukan transaksi pembelian sebanyak 2 kali atau lebih. Penulis menganggap populasi dalam penelitian ini adalah homogen yang artinya semua responden (konsumen) kedudukannya di anggap sama, dan penulis menetapkan jumlah sampel sebanyak 30 orang dikarenakan pertimbangan waktu, biaya, dan tenaga.

  1. E.     Teknik Analisi Data

Dalam penelitian ini penulis menggunakan koesioner tipe pilihan yang berbentuk multiple choice ( pilihan ganda) dengan lima alternatif untuk masing-masing variabel. Alat ukur yang digunakan dalam pembobotan variabel adalah sebagai berikut(sugiono,2008)

 

 

  1. Jawaban a, skor : 5 = sangat setuju
  2. Jawaban b, skor : 4 = setuju
  3. Jawaban c, skor : 3 = ragu-ragu
  4. Jawaban d, skor : 2 = tidak setuju
  5. Jawaban e, skor : 1 = sangat tidak setuju

 

Dari nilai yang diperoleh atas jawaban responden, penulis membuat analisis dengan metode analisis kuantitatif yaitu menggunakan model statistik dan analisis kuantitatif.

Untuk mengukur seberapa besar hubungan kualtias produk (x) terhadap kepuasan konsumen (y) digunakan analisis korelasi “product moment” dengan korelasi sebagai berikut :

 

Dimana :

r           = koefisien korelasi

x          = kualitas produk

y          = kepuasan konsumen

setelah nilai r diperoleh, maka untuk memberi interpretasi seberapa kuat hubungan x dan y digunakan pedoman interpretasi koefisien korelasi, menurut sugiyono (1999 : 149).

 

Interval Koefisien

Tingkat Hubungan

0,00-0,19

0,20-0,39

0,40-0,59

0,60-0,79

0,80-1,00

Sangat Rendah

Rendah

Sedang

Kuat

Sangat Kuat

 

Untuk mengetahui besarnya sumbangan variabel x terhadap naik turunnya variabel y, maka digunakan metode Regresi Linear Sederhana sebagai berikut :

 

y = a+ bx

keterangan :

y = kepuasan

a = konstanta

b = koefisien Regresi

x = pelayanan

 

 

 

 

 

 

 

  1. F.     Definisi Operasional

Untuk menyamakan persepsi dengan pembaca, penulis mengungkapkan definisi variabel yang diteliti secara operasional sebagai berikut :

  1. Kualitas adalah tingkatan atau karakteristik yang melekat pada suatu produk yang di sesuaikan dengan persyaratan atau keinginan
  2. Produk adalah sesuatu yang berwujud barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan.
  3. Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan yang dirasakan oleh kosumen setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapannya.
  1. Tangibles meliputi penampilan fasilitas fisik seperti gedung dan ruangan front office, tersedianya tempat parkir, kebersihan, kerapihan dan kenyamanan ruangan, kelengkapan peralatan komunikasi, dan penampilan karyawan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Gerson, Richard F. 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Cetakan 3. Jakarta. PPM.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta, Bandung

Kotler, Philip, dan Amstrong, Gary. 2001. Dasar-Dasar Pemasaran. PT. Indeks  Gramedia Group, Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. PT. Prehallindo, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat, dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.

Mowen, John C.;Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Erlangga, Jakarta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


0 Responses to “”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Juli 2011
S S R K J S M
« Feb    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d blogger menyukai ini: