17
Feb
10

Kata Pengantar

Puji syukur kita panjatkjan kehadirat ALLAH SWT, karena dengan perkenannya lah penulis dapat menyelesaikan makalah Sumber Daya manusia (SDM) ini sebagaimana mestinya dan pada waktu yang diharapkan.

Penulis mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh elemen yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini, dan juga penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan dukungan dan penjelasan mengenai makalah ini,sehingga dapat terselesaikan.

Namun demikian penulis menyadari keterbatasan  dalam penyusunan makalah  ini. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis butuhkan demi penyempurnaan makalah kedepan.

Daftar Isi

Kata Pengantar ………………………………………………………………………………………………………….. 1

Daftar Isi…………………………………………………………………………………………………………………… 2

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang………………………………………………………………………………………………………. 3
  • Identifikasi masalah……………………………………………………………………………………………….. 4
  • Rumusan masalah…………………………………………………………………………………………………. 4
  • Tujuan………………………………………………………………………………………………………………… 4

BAB II PEMBAHASAN

  1. Pentingnya Pendidikan Di Universitas……………………………………………………………………….. 5
  2. Pendidikan Unsimar………………………………………………………………………………………………. 5
  3. Kekurangan di Unsimar…………………………………………………………………………………………… 6
  4. Solusi  untuk kemajuan Unsimar kedepan………………………………………………………………….. 7

BAB III KESIMPULAN DAN SARAN

  1. Kesimpulan………………………………………………………………………………………………………….. 9
  2. Saran………………………………………………………………………………………………………………….. 9

Daftar pustaka……………………………………………………………………………………………………………. 10

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

GKM adalah suatu sistim dalam manajemen usaha yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan mutu , dalam rangka meningkatkan daya-saing yang dihasilkan. Sistim ini dilaksanakan melalui pemasyarakatan cara pandang, cara analisa dan diagnosa dan solusi sesuatu masalah (inefisiensi, produktivitas rendah dan rendahnya mutu pekerjaan/produk) di lingkungan kerja seluruh jajaran SDM perusahaan, sehingga dapat membentuk kebiasaan (habit) yang diterapkan dalam etos kerja dan budaya produksi kompetitif.

Kaitannya dengan Pendidikan, GKM merupakan hal yang penting dalam kehidupan kita. Karena GKM bisa menjadi acuan dalam peningkatan mutu suatu pendidikan. Dalam menempuh dan mempelajari ilmu dibutuhkan kemauan yang keras.  Namun semua itu tak lepas dari individu masing-masing. Banyak tempat-tempat pendidikan yang bisa kita temukan di Indonesia khusunya di kabupaten poso.

Seperti halnya di Universitas sintuwu maroso yang didirakan pada tanggal 15 September 1987, yang pada awalnya mempunyai 3 Fakultas dengan 5 jurusan, dan sekarng berkembang menjadi 6 fakultas dengan 8 jurusan di dalamnya, sudah banyak memberikan kontribusi kepada siswa-siswi lulusan SMA atau sederajat dimana UNSIMAR memfasilitasi siswa-siswa tersebut untuk bisa melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang  yang lebih tinggi.

Dan dapat dilihat juga sudah banyaknya lulusan-lulusan UNSIMAR yang telah bekerja dan diterima di kantor-kantor pemerintahan dan instansi swasta sehingga pemerintah daerah tidak perlu lagi mencari tenaga kerja diluar dikarenakan tenaga lulusan UNSIMAR yang sangat berkompten, dan semua itu tidak lepas dari peran tenaga pengjar dan Dosen yang telah mendidik mahasiswanya sehingga menjadi sumber daya manusia ( SDM )yang dapat diandalkan.

Namun terkait dengan itu semua, perkembangan jaman dan moderenisasi pengetahuan tidak bisa kita hindari. Perekrutan tenaga kerja yang ahli dibidangnya dan yang berpengalaman sangat mempengaruhi tingkat SDM di dunia khususnya di Indonesia tepatnya di Poso.

Oleh sebab itu penulis mengharapkan perbaikan infrastruktur di bidang pendidikan khususnya di Universitas Sintuwu maroso agar supaya dapat memperbaiki fasilitas-fasilitas penunjang majunya mutu dan kualitas mahasiswa agar tercipta sumber daya manusia (SDM) yang handal khususnya dari kabupaten  Poso.

Terlepas dari itu semua penulis mengajak kita bersama-sama agar supaya ikut serta dalam peningkatan pendidikan di wilayah kita khususnya di kabupaten Poso, agar supaya tenaga kerja atau SDM yang di hasilkan dari perguruan tinggi di daerah tersebut (UNSIMAR) bisa dipakai atau di akaui dikalangan regional nasional maupun internasioanal.

  1. Identifiksi Masalah

Identifikasi masalah dari makalah ini adalah :

  1. Bagaimana mahasiswa dapat mengambangkan mutu dan pengetahuan individu
  2. Bagaimana UNSIMAR memperbaiki infrastruktur pendidikan
  3. Sejauh mana UNSIMAR dapat memperbaiki infrastruktur demi pengembangkan mutu mahasiswa
  1. Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam makalah ini adalah “sejauh mana UNSIMAR dapat mengembangkan mutu mahasiswa dengan melakukan perbaikan infrasstruktur di dalamnya”

  1. Tujuan
  2. Untuk mengetahui sejauh mana mutu mahasiswa Unsimar
  3. Untuk mengathui sejauh mana UNSIMAR memperbaiki infrastruktur pendidikannya
  4. Untuk mengetahui  sejauh mana UNSIMAR memperbaiki infrastruktur demi pengembangan mutu mahasiswa

BAB II PEMBAHASAN

  1. Pentingnya pendidikan di Universitas

Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting  dalam kehidupan manusia, dimana pendidikan merupakan modal bagi seseorang untuk menjalani hidupnya, karena dalam sebuah pendidikan ada pengetahuan yang membuat kita menjadi manusia yang berguna bagi manusia yang lain.

Pada jaman dulu untuk mendapatkan pendidikan sangatlah sulit, dikarenakan mahalnya biaya pendidikan dan ketakutan para petinggi-petinggi negara yang merasa tersaingi apabila semua orang menjadi pintar. namun saat sekarang ini pendidikan sudah mudah didapatkan bahkan untuk menempuhkan pendidikan dari SD sampai SMP sudah ada program pemerintah yang membebaskan biaya pendidikan (gratis).

Setelah menempuh pendidikan di SMA ada lagi jenjang selanjutnya untuk kita lebih meningkatkan pengetahuan kita yaitu di tingkat Universitas. Di Universitas kita dapat mengembangkan pengetahuan kita lebih tinggi di bandingkan di tingkat SMA. Di Universitas juga kita bisa mendapat gelar yang nantinya akan membuat derajat kita lebih naik dari sebelumnya dengan mendapatkan title sarjana.

  1. Pendidikan UNSIMAR

Di universitas sintuwu maroso atau biasanya yang sering kita dengar dengan nama UNSIMAR telah menjadi universitas pertama di kabupaten poso yang telah banyak memfasilitasi para siswa-siswi untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat universitas. Di unsimar itu sendiri yang berdiri sejak tanggal 15 september 1987 pertama kali membuka 3 fakultas dengan 5 jurusan yaitu fakultas ekonomi dengan jurusan manajement dan ilmu ekonomi pembangunan, fakultas pertanian dengan jurusan budidaya pertanian dan peternakan dan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan dengan jurusannya biologi dan jurusan Bahasa inggris. Namun pada saat ini telah ditambah lagi 3 fakultas yaitu teknik, fakultas hukum, dan fakultas ilmu administrasi negara.

Mutu pendidikan di UNSIMAR sudah sangat baik karena banyak lulusan-lulusan unismar yang telah bekerja dan di terima di berbagai instansi pemerintahan dan swasta. Tenaga pengajarpun sangat berpengalaman, banyak dosen-dosen pengajarnya yang bergelar S1 bahkan sampai S2 dan S3.

Fasilitas penunjang pendidikannya pun sudah lumayan baik dengan adanya laboratorium komputer sebagai pendukung dalam mempelajari ilmu komputer, adanya laboratorium biologi yang digunakan sebagai tempat penelitian untuk mahasiswa fakultas biologi, laboratorium bahasa yang digunakan oleh mahasiswa fakultas bahasa inggris, perpustakaan, warnet, laboratorium teknik yang digunakan fakultas teknik. Dan fasilitas-fasilitas penunjang pendidikan.

Sebagai satu-satunya universitas di kabupaten Poso, unsimar juga menyediakan layanan Blog sebagai media informasi mengenai Unsimar yang dapat dilihat di media elektronik atau internet. Layanan-layanan administrasipun sudah cukup baik walaupun masih ada kekurangan-kekurangan di dalamnya namun mudah-mudahan dapat di perbaiki.

  1. Kekurangan di UNSIMAR

Setelah kita mengetahui UNSIMAR itu seperti apa, kita juga perlu melihat kekurangan-kekurangan yang terjadi di universitas ini guna sebagai peningkatan mutu belajar dan mutu pengetahuan dan intelektual mahasiswa kedepannya.

Belakang ini banyak kelalaian atau kekurangan yang dimiliki unsimar dan itupun tidak lepas dari peran pemimpin yayasan tersebut dalam hal ini adalah rektor unsimar poso. Berkaitan dengan proses belajar mengajar di unsimar peran dosen pengajar pun tidak lepas dari tanggung jawab untuk menjadikan unsimar sebagai universitas yang handal dengan menciptakan SDM yang bermutu, namun hal itu sekarang sudah sangat jauh dari harapan.

Adapun kekurangan-kekurangan UNSIMAR akhir-akhir ini  yaitu :

  1. Kurangnya kemauan tenaga pengajar dalam hal ini dosen untuk memberikan penjelasan yang jelas kepada mahasiswa terkait dengan pelajaran atau mata kuliah yang diberikan.
  2. Kurang disiplinnya dosen dalam mengambil  jadwal perkuliahan dikarenakan banyak dosen yang mementingkan pekerjaannya sebagai pegawai negeri atau swasta, sehingga sering terjadi miskomunikasi antara dosen dan mahasiswa yang mengakibatkan perselisiahan antara dosen dan mahasiswa dan bahkan mengurangi minat bealajar mahasiswa itu sendiri dikarenakan disiplin waktu.
  3. Kelebihan mahasiswa yang menjadikan banyaknya mahasiswa yang biasanya berkuliah diluar wilayah unsimar atau di tempat lain seperti sekolah-sekolah dan rumah. Ini dapat mengakibatkan penilaian masyarakat luar bahwasanya unsimar tidak mampu lagi memenej mahasiswanya dan akan berdampak pada unsimar itu sendiri.
  4. Adminstrasi yang kurang ketat mengakibatkan dengan mudahnya mahasiswa untuk berpindah fakultas sehingga menjadi bahan permainan untuk mahasiswa dalam melakukan perpindahan fakultas semaunya.
  5. Pemanfaatan fasilitas kampus yang kurang baik sehingga peningkatan kualitas mahasiswa menjadi kurang, yaitu misalnya :
    1. pemanfaatan warnet untuk mahasiswa yang sudah tak dihiraukan oleh pihak unversitas dalam hal ini penggunaan warnetn sebagai media belajar sudah tak lagi bisa diguanakan oleh mahasiswa.
    2. Perpustakaan yang sudah kadarluarsa dikarenakan buku-buku yang ada diperpuastakaan tersebut sudah jauh ketinggalan dengan yang digunakan halayak mahasiswa sekarang
    3. Banyaknya mahasiswa yang belajar dalam satu ruang kuliah sehingga efesiensi belajar untuk memahami ilmu yang diberikan sudah tak efisien lagi, bahkan banyak mahasiswa yang hanya bermain pada saat perkuliahan berlangsung.
    4. Ruang kuliah yang tidak singkron dengan jumlah mahasiswa sehingga mengkibatkan perkuliahan terjadi diluar kampus.
    5. Kurangnya perhatian kepada pengurus organisasi di dalam kampus yang mengakibatkan kurangnya minat mahasiswa menjadi pengurus organisasi kampus.
    6. Dan hal-hal lainnya yang saya rasa masih banyak kekurangannya pada saat sekarang ini.
  1. Solusi untuk kemjuan unsimar kedepan

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk kemajuan unsimar kedepan, diantaranya perbaikan dari diri kita sendiri dan fasilitas-fasilitas yang ada di unsimar sendiri. Dan perlunya perhatian lebih dari pihak rektorat untuk memperbaiki itu demi kemajuan unsimar kedepan.

Adapun hal-hal yang ditawarkan adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan penjelasan kepada tenaga pengajar atau dosen dalam hal ini peran pihak rektorat sangat penting agar supaya dalam melakukan proses belajar tidak monoton bisa menjelaskan inti permasalahan perkuliahan  dn dapat beriteraksi dengan baik kepada mahasiswa dengan cara mengganti dosen yang tidak berkualitas.
  2. Memberhentikan dan mengganti dosen yang tidak disiplin dalam hal waktu perkuliahan, karena akan sangat mempengaruhi minat belajar mahasiswa, misalnya : dosen tidak tetap atau dosen terbang yang lebih mementingkan pekerjaannya dibandingkan mengajar mahasiswa yang sangat membutuhkan ilmu pengetahuan
  3. Kiranya dapat memenej mahsiswa yang baru masuk agar tidak melebihi kuota yang ada, sehingga tidak terjadi perkuliahan di luar kampus karena kekurangan ruang kuliah yang mengalkibatkan ketidak efisienannya dalam perkuliahan.
  4. Membangun ruangan kuliah untuk mahasiswa baru nanti agar tidak terjadi lagi perkuliahan diluar kampus.
  5. Mengetatkan administrasi agar tidak terjadi lagi perpindahan fakultas yang dijadikan ajang permainan bagi mahasiswa itu sendiri.
  6. Memberikan mahasiswa keleluasan untuk menggunakan fasilitas dalam proses belajar dan mengembangkan intelektual mahasiswa itu sendiri misalnya dalam hal penggunaan internet secara gratis, perbaruan buku-buku perpustakaan demi  peningkatan pengetahuan, pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dan kurang mampu, mendukung kegiatan mahasiswa keluar daerah sebagai bahan perbandingan mahasiswa demi kemajuan dan pengembangan pengetahuan dan mutu mahasiswa.

Itulah beberapa solusi yang kiranya bisa dijadikan sebagai acuan dan pertimbangan kepada pihak rektorat demi kamajuan kampus dan pengembangan mutu dan kualitas mahasiswa itu sendiri. Namun dalam hal ini mahasiswapun perlu adanya improfisasi diri sehingga bisa melakukan hal-hal yang bisa membuat mahasiswa menjadi SDM yang berkualitas dan dapat diterima dimana saja.

BAB III KESIMPULAN DAN SARAN

  1. Kesimpulan

Dalam makalah ini penulis dapat menarik kesimpulan bahwasanya pendidikan sangat penting di dalam kehidupan manusia, dikarenakan pendidikan dan pengetahuan adalah modal utama dalam menjalani kehidupan. Dan juga kelengkapan infrastruktur menjadi salah satu faktor penunjang SDM yang berkualitas dan bermutu tanpa melupakan faktor yang berasal dari diri sendiri.

  1. Saran

Sebagai manusia yang sadar akan pendidikan maka dari itu kita perlu menumbuhkan rasa kesadaran akan pendidikan dan pengetahuan terhadap masyarakat dengan banyak membaca buku dan terus belajar agar supaya masyarakat Indonesia khususnya masyarakat kabupaten Poso dapat menjadi SDM yang berkualitas dan dapat diandalkan.

Daftar Pustaka

http:www.unsimar.ac.id

buku panduan masuk UNSIMAR


0 Responses to “”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Februari 2010
S S R K J S M
    Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

%d blogger menyukai ini: